Pendiri Instagram Resmi Mundur, Ini Alasannya

Pendiri Instagram Resmi Mundur, Ini Alasannya

Siapa yang tidak tahu Instagram? Siapa yang tidak menggunakannya? Pasti Anda semua tahu, kecuali mungkin anak muda zaman old (lansia) 😀

Namun tahukah Anda bahwa pada tanggal 25 September 2018 kemarin pendiri Instagram yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger menggundurkan diri. Kedua Co-Founder dan CEO Instagram itu mengkomfirmasi pengunduran diri mereka melalui postingan blog resmi instagram. (https://instagram-press.com/blog/2018/09/24/statement-from-kevin-systrom-instagram-co-founder-and-ceo/)

Dalam postingan tersebut mereka mengatakan bahwa mereka sangat bersyukur karena telah delapan tahun bersama dengan Instagram sebelum akuisisi oleh Facebook dan enam tahun mereka bersama tim Facebook pada tahun 2012.

“Mike and I are grateful for the last eight years at Instagram and six years with the Facebook team”

Sebelum diakuisisi oleh Facebook, Instagram baru memiliki pengguna sekitar 30 juta saja, hingga saat ini penggunanya sudah mencapai satu miliar pengguna dan akan terus bertambah.

Mereka sangat bangga karena mereka hanya memiliki 13 pekerja, namun sekarang Instagram sudah memiliki ribuan orang pekerja dengan kantor yang sudah ada diseluruh dunia.

“We’ve grown from 13 people to over a thousand with offices around the world”

Mereka mengatakan bahwa mereka akan melangkah ke babak selanjutnya dan akan meninggalkan Instagram untuk menjelajahi rasa ingin tahu dan kreativitasnya.

“We’re now ready for our next chapter. We’re planning on leaving Instagram to explore our curiosity and creativity again.”

Kevin Systrom dan Mike Krieger berharap setelah kepergiannya Instagram dan Facebook bisa lebih baik lagi dari sekarang.

“We look forward to watching what these innovative and extraordinary companies do next.”

Namun sayang sekali, mereka tidak menyebutkan alasan mereka mundur dari Instagram tersebut. Namun dari beberapa sumber alasan mereka menundurkan diri karena adanya masalah internal antara mereka dengan Facebook.

Selama beberapa tahun terakhir memang kedua media sosial raksasa ini memiliki tensi yang tinggi, terutama terkait masalah kepemimpinan Facebook terhadap otonomis Instagram. Diketahui bahwa Systrom dan Mark Zuckerberg pernah berselisih paham beberapa kali, bahkan setahun belakangan mereka sering adu mulut sebelum memecahkan suatu masalah. Salah masalah yang membuat mereka berselisih yaitu fitur berbagi postingan di Facebook dan Instagram.

Kevin Systrom ingin fitur sharing hanya di Instagram saja, tetapi Mark menginginkan konten Instagram juga muncuk di Facebook. Bahkan beberapa waktu belakangan keadaan mereka semakin memanas sehingga Mark memutuskan untuk menarik semua tautan Instagram dari Facebook.

Namun sebelum mereka memutuskan untuk mengundurkan diri, hubungan Instagram dan Facebook tidak ada masalah dan dalam keadaan baik-baik saja. Mereka pergi atas keputsannya sendiri.

Okelah kita doakan saja semoga mereka tetap sukses dan kita tunggu inovasi-inovasi mereka selanjutnya.