Obat Anemia Di Apotik

Obat Anemia Di Apotik

Obat Anemia Di Apotik – Anemia merupakan suatu kondisi yang menggambarkan dimana tubuh memiliki jumlah sel darah merah yang lebih rendah dari jumlah normal pada umumnya.

Penyakit anemia juga bisa terjadi ketika sel-sel darah merah tidak memiliki kandungan hemoglobin yang cukup. Hemoglobin sendiri ialah sejenis protein yang sangat kaya akan zat besi yang bertugas untuk memberikan warna merah pada darah.

Protein tersebut juga memiliki tugas untuk membantu sel-sel darah merah mendistribusikan oksigen dari oragn par ke seluruh jaringan tubuh.

Nah, jika seseorang memiliki penyakit anemia, maka tentu tubuh tidak akan mendapatkan suplay darah kaya oksigen secara cukup. Akibat terbesar yang akan ditimbulkan oleh kondisi tersebut ialah kelelahan yang menyeluruh.

Selain itu, seorang penderita anemia juga mungkin akan mengembangkan gejala lain termasuk pusing, kesulitan dalam bernafas dan sakit kepala.

Sejatinya, anemia adalah sejenis penyakit yang terbagi ke dalam beberapa jenis yang meliputi :

  1. Anemia defisiensi folat
  2. Anemia defisiensi zat besi
  3. Anemia defisiensi B12
  4. Anemia hemolitik
  5. Anemia pernisiosa
  6. Anemia aplastik
  7. Anemia sel sabit
  8. Anemia megaloblastik
  9. Talasemia
  10. Anemia akibat penyakit kronis.

Mengapa anemia tidak boleh disepelekan ?

Pasalnya, anemia yang telah berkembang, memburuk dan berlangsung dalam kurun waktu yang sangat lama, besar kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan pada organ-organ tubuh lain termasuk jantung dan otak. Selain itu, anemia yang telah sangat parah juga berpotensi menyebabkan kematian pada penderitanya.


Penyebab Penyakit Anemia

Sebenarnya, ada sekitar 400 kondisi yang dapat menyebabkan gangguan anemia pada seseorang. Dan dari banyaknya kondisi tersebut dibagi ke dalam e kelompok yang lebih umum, yaitu termasuk :

  1. Tubuh tidak dapat memprosuksi sel darah merah dengan cukup
  2. Kelainan pada tubuh yang menyebabkan sel darah merah sehat di rusak
  3. Terjadi pendarahan yang parah, sehingga menyebabkan darah lebih cepat hilang dibandingkan dengan memproduksinya.

Meskipun ada banyak bagian-bagian tubuh yang membantu memproduksi sel-sel darah merah. Namun sebagian besar tugas untuk memproduksi sel darah tersebut di lakukan oleh sumsum tulang belakang.

Sumsum tulang sendiri ialah suatu jaringan lunak yang letaknya tepat berada di tengah atau di dalam tulang yang berfungsi untuk membantu memproduksi semua sel darah yang ada di dalam tubuh.

Sel-sel darah merah yang sehat dan produkstif umumnya akan bertahan antara 3-4 bulan. Kemudian tubuh akan menghapus sel darah merah yang sudah tua tersebut.

Sebuah hormon yang bernama EPO (erythropoietin ) yang diproduksi oleh ginjal akan membantu memberikan signal kepada sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang lebih banyak.

Sejatinya, tubuh membutuhkan sejumlah nutrisi, minera, dan beberapa jenis vitamin tertentu untuk dapat membuat sel darah merah dengan cukup. Asam folat, zat besi dan vitamin B12 adalah tiga kompenen terpenting yang diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang sehat.

Dan beberapa diantara penyebab yang mengakibatkan tubuh kekurangan ketiga nurtrisi tersebut ialah, termasuk :

  1. Operasi yang menghilangkan salah satu bagian dari usus atau lambung
  2. Memiliki pola makan yang buruk
  3. Kehilangan darah secara bertahap seperti pada periode menstruasi berat dan tukak lambung
  4. Adanya perubahan pada lapisan usus dan lambung yang mempengaruhi seberapa baik penyerapan nutrisi oleh tubuh seperti pada penyakit celiac.

Kemungkinan besar, penyebab anemia juga termasuk :

  1. Kehamilan
  2. Pengonsumsian obat-obatan tertentu
  3. Beberapa bentuk anemia seperti talasemia dan anemia sel sabit yang bersifat turunan
  4. Masalah dengan sumsum tulang seperti limfoma, anemia aplastik, multiple myeloma, myelodysplasia dan leukimia
  5. Penyakit kronis (jangka panjang) seperti : penyakit kanker, penyakit ginjal kronis, penyakit rheumathoid arthritis dan penyakit ulcerative colitis
  6. Penghancuran sel darah merah yang terlalu cepat dari waktu yang biasanya (mungkin diakibatkan oleh kelainan pada sistem imun).

Siapa saja yang beresiko terkena anemia ?

Beberapa faktor berikut ini mungkin akan meningkatkan resiko gangguan anemia pada seseorang :

  1. Pola makan yang kurang akan nutrisi tertentu, seperti mengonsumsi makanan yang rendah folat, zat besi dan vitamin B12.
  2. Memiliki riwayat gangguan usus, sehingga menghambat terhadap penyerapan nutrisi.
  3. Menstruasi, sehingga wanita yang belum mengalami masa menopause cenderung lebih beresiko mengalami anemia.
  4. Kondisi kronis, termasuk memiliki riwayat penyakit kanker, ginjal dan gagal hati.
  5. Riwayat penyakit keluarga
  6. Masa kehamilan.

Selain itu, beberapa jenis faktor lain seperti alkoholisme, gangguan penyakit autoimun, paparan bahan-bahan kimia beracun serta penggunaan beberapa jenis obat-obatan tertentu juga dapat memicu timbulnya gangguan anemia.


Gejala Penyakit Anemia

Seseorang mungkin tidak akan mengalami gejala apapun jika menderita anemia yang ringan. Namun jika kondisi tersebut mulai berkembang secara bertahap, maka gejala ataupun tanda pertama dari gangguan anemia ialah meliputi :

  1. Sakit kepala
  2. Pusing berkunang-kunang
  3. Merasa lebih mudah marah
  4. Lemas dan kelemahan yang menyeluruh meskipun tidak sedang berolahraga.

Jika gangguan anemia berkembang pada tahapan yang semakin memburuk, maka gejala ataupun tanda yang mungkin di timbulkan ialah termasuk :

  1. Kuku rapuh
  2. Warna biru hingga putih pada mata
  3. Warna kulit menjadi pucat pasi
  4. Kesulitan dalam bernafas
  5. Lidah sakit
  6. Nyeri dada
  7. Lebih sulit untuk berkonsentrasi
  8. Tangan dan kaki terasa lebih dingin
  9. Insomia
  10. Kaki kram
  11. Napas pendek dan terengah-engah
  12. Detak jantung yang tak beraturan
  13. Pusing ketika berdiri secara tiba-tiba yang disertai dengan pandangan yang kabur
  14. Ada keinginan yang lebih tinggi untuk mengomsumsi es batu, tanah atau hal-hal lain yang tidak termasuk kedalam jenis makanan atau disebut juga dengan “pica“.

Makanan Baik untuk Penderita Anemia

Salah satu cara terbaik untuk mencegah gangguan anemia ialah dengan memenuhi nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Dan salah satu cara untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut ialah dengan memilih asupan makanan terbaik, seperti :

1. Bayam

Bayam adalah sejenis sayuran yang dilengkapi dengan kandungan zat besi, kalsium, kalium, betakaroten dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B2, E dan vitamin C yang memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Betakarotennya sendiri memiliki kemampuan untuk membantu mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular. Dan tentu saja zat besinya, akan menunjang produksi sel darah merah yang jauh lebih banyak di dalam tubuh.

2. Akar Bit

Buah yang memiliki daging berwarna merah ini dilengkapi dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Sehingga cukup optimal untuk membantu meminimalisir gejala-gejela dari anemia.

Selain itu, akar bit juga memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko palpitasi atau aritma jantung.

Dan beberapa jenis vitamin lain yang terdapat pada akar bit ialah asam folat, kalium, vitamin B6 dan vitamin C. Anda bisa menikmati khasiat dari buah bit dengan cara yang nikmat yaitu dengan mengubahnya menjadi jus.

3. Tomat

Selain vitamin C, tomat juga merupakan buah yang memiliki kandungan zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C sendiri akan membantu menyerap zat besi secara optimal.

Sehingga vitamin C dan zat besi memang merupakan 2 nutrisi yang baik untuk penderita anemia. Selain itu, tomat juga dilengkapi dengan kandungan kalium yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap sehat serta kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Daging Merah

Faktanya, tubuh lebih cepat menyerap zat besi yang terkandung pada daging jika dibandingkan dengan zat besi yang ada pada sayuran dan berbagai jenis makanan lainnya.

5. Selai Kacang

Selain memiliki rasa yang lezat dan memiliki peminat yang bergejibung, selai kacang ternyata juga memiliki kandungan zat besi dalam jumlah yang cuku tinggi. Sehingga jelas saja, pengonsumsiannya akan sangat dibutuhkan oleh penderita anemia.

6. Telur

Telur merupakan sumber protein yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Terutama bagia mereka yang tengah melakukan diet sehat. Karena fakta menunjukan bahwa dengan mengonsumsi telur, seseorang bisa mempertahankan rasa kenyangnya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, telur juga memiliki kandungan zinc yang akan membantu memudahkan proses pembentukan darah di dalam tubuh.

7. Kurma

Kurma adalah sumber mineral yang sangat tinggi. Buah yang kerap menjadi sajian khas ketika berbuka puasa ini ternyata dilengkapi dengan segudang mineral.

Termasuk zat besi, fosfor, kalium, sulfur, kalsium, magnesium, dan copper. Berbagai jenis kandungannya tersebut akan membantu merefresh energi baru untuk pengonsumsinya.

Selain itu, kandungan mineralnya juga ternyata baik untuk membantu menjaga kepadatan struktur tulang.

Makanan Buruk untuk Penderita Anemia

Untuk mencegah penyakit anemia berkembang pada kondisi yang jauh lebih memburuk, maka sebaiknya Anda tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini :

  1. Makanan yang mengandung tanin termasuk kafein
  2. Gluten yang banyak ditemukan pada tepung, gandum dan berbagai jenis produk olahannya
  3. Makanan yang tinggi akan kalsium termasuk yogurt, susu dan keju
  4. Makanan yang mengandung asam oksalat termasuk cokelat.

Bahaya Penyakit Anemia

HATI-HATI !! Jika tak segera mendapatkan upaya penanganan yang serius, maka gangguan anemia tersebut dapat berkembang menjadi komplikasi seperti :

  1. Kelelahan berat
    Tanpa adanya upaya penanganan, gejala yang satu ini bahkan bisa menyebabkan gangguan pada aktivitas sehari-hari.
  2. Rentan terkena infeksi
    Kekurangan zat besi di dalam tubuh akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap fungsi dari sistem imun untuk memerangi berbagai jenis patogen yang akan masuk dan menyerang tubuh.
  3. Gangguan jantung
    Anemia dapat menyebabkan detak jantung bekerja secara tidak teratur (aritma) sebagai akibat dari harus memompa darah lebih keras untuk meminimalisir kekurangan oksigen di dalam tubuh. Bahkan kondisi tersebut bisa berpotensi mengakibatkan pembesaran dan gagal jantung.
  4. Kematian
    Beberapa gangguan anemia yang bersifat bawaan termasuk anemia sel sabit bisa memicu suatu kondisi yang sangat serius dan mengancam keselamatan jiwa dari penderitanya.
  5. Gangguan kehamilan
    Wanita hamil yang kekurangan asam folat akan beresiko tinggi mengalami gangguan kehamilan bahkan hingga mengganggu perkembangan janin di dalam tubuh, seperti :
  • Kelahiran prematur
  • Berat badan bayi yang dilahirkan berada dibawah angka normal
  • Hasil tes kemampuan mental yang kurang
  • Adanya masalah pada kandungan zat besi di dalam sel darah
  • Selain itu, anemia juga akan meningkatkan resiko depresi pasca kehamilan pada sang ibu.

Cara Mengobati Anemia

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi gangguan anemia serta mencegah kondisi tersebut datang kembali. Yaitu dengan mengatur pola hidup sehat yang disertai dengan mengambil tindakan upaya pengobatan.

Dan untuk memudahkan Anda, berikut ini ada 15 referensi obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi keluhan anemia yang tengah Anda alami saat ini.

15 OBAT ANEMIA DI APOTIK

  1. SANGOBION CAP 10’S
  2. IBERET FOLIC 500 TAB
  3. NEFROFER INJ 20MG/ML 5ML
  4. BIOSANBE CAP
  5. EMINETON TAB
  6. FEROFORT TAB
  7. HEMOBION CAP
  8. HEMAFORT TAB
  9. DASABION CAP
  10. SAKATONIK LIVER 100ML
  11. ESFOLAT TAB
  12. VITONAL F TAB 10S
  13. FOLAS 400MCG TAB 100S
  14. FEROBION TAB 100S
  15. TRIMATE E CAP 100S

SANGOBION CAP 10’S

SANGOBION CAP 10’S adalah sejenis obat yang memang diformulasikan untuk membantu mengatasi anemia akibat tubuh kekurangan zat besi dan mineral tertentu.

Dosis : 1x 1 kapsul perhari sesudah makan

Efek samping :

  • Nyeri lambung
  • Muntah
  • Diare
  • Kolik
  • Konstipasi

Untuk mendapatkan obat yang diproduksi dan didistribusikan oleh MERCK ini, Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp. 13.805,- / strip.

IBERET FOLIC 500 TAB

IBERET FOLIC 500 TAB merupakan suplemen yang umumnnya digunakan oleh ibu hamil dan orang dewasa. Produk ini diformulasikan untuk membantu mengatasi anemia megaloblastik dan anemia defisiensi fe.

Dosis : 1x 1 tablet perhari sesudah makan (telan secara utuh tanpa dikunyah)

Efek samping :

  • Mual
  • Muntah
  • Sembelit atau konstipasi
  • Nyeri lambung
  • Diare.

Suplemen penambah darah ibu hamil dan orang dewasa yang diproduksi dan didistribusikan oleh ABBOTH ini dibandrol dengan harga Rp. 44.594,- / strip.

NEFROFER INJ 20MG/ML 5ML

NEFROFER INJ 20MG/ML 5ML merupakan sejenis obat anemia yang dikemas dalam bentuk injeksi yang hanya digunakan pada kasus tertentu seperti pada pasien terapi eritropoietin dan pasien hemodiliasis kronik.

Dosis : 3x 10 mg perminggu

Efek samping :

  • Sakit kepala
  • Demam
  • Tidak enak badan
  • Hipotensi dan hipertensi
  • Nyeri dada
  • Pneumonia
  • Gangguan lambung, dan
  • Kram tungkai.

Injeksi penambah darah yang diproduksi dan didistribusikan oleh Kimia Farma ini dibandrol dengan harga Rp. 145.585,- / ampul.

BIOSANBE CAP

BIOSANBE CAP merupakan sejenis suplemen yang diformulasikan untuk membantu mengatasi anemia defisiensi fe, anemia pada saat hamil, anemia pada masa penyembuhan akibat pendarahan dan anemia karena usia serta kekurangan gizi.

Dosis : 1x 1 tablet perhari (sebaiknya diberikan bersamaan pada saat makan atau sesudah makan)

Suplemen penambah darah yang diproduksi dan didistribusikan oleh SANBE ini dibandrol dengan harga Rp. 12.749,- / strip.

EMINETON TAB

EMINETON TAB adalah suplemen yang digunakan untuk membantu mengatasi anemia. Terutama untuk membantu mengatasi anemia pada wanita hamil dan menyusui.

Dosis :

  • Dewasa profilaksis : 1 tablet / hari
  • Dewasa terapi : 2-3 tablet / hari
  • Anak-anak : 1 tablet / hari.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan obat penambah darah yang di produksi oleh Kalbe Farma ini, maka Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp. 19.800,- / strip.

FEROFORT TAB

FEROFORT TAB meurpakan suplemen penambah darah untuk anemia dari jenis defisiensi fe.

Dosis : 1-2 kapsur / hari (dewasa)

Efek samping : Gangguan saluran GI

Masih diproduksi oleh perusahaan yang sama, yaitu Kalbe Farma. Obat ini dibandrol dengan harga Rp. 23.100,- / strip.

HEMOBION CAP

HEMOBION CAP merupakan sejenis suplemen penambah darah yang dikemas dalam bentuk tablet. Suplemen penambah darah ini diformulasikan secara khusus untuk membantu mengatasi anemia pada masa kehamilan.

Dosis : 1 kapsul / hari sesudah makan

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan khasiat dari suplemen penambah darah satu ini, maka Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp. 24.343,- / strip.

HEMAFORT TAB

HEMAFORT TAB adalah sejenis suplemen penambah darah yang diproduksi dan didistribusikan oleh PT Pharos. Obat ini di formulasikan untuk membantu mengatasi anemia dari jenis defisiensi fe.

Dosis : 1 tablet / hari atau 2 tablet / hari **jika perlu

Untuk mendapatkan khasiat dari suplemen penambah darah yang satu ini, Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp. 10.032,- / strip.

DASABION CAP

DASABION CAP adalah obat yang diproduksi dan didistribusikan oleh PT. Kimia Farma yang telah jelas terdaftar pada BPOM. Dasabion yang dikemas dalam bentuk kapsul ini diformulasikan untuk membantu mengatasi berbagai jenis keluhan anemia pada wanita hamil.

Dosis : 1 kapsul / hari setelah makan

Efek samping :

  • Nyeri pada saluran pencernaan
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Konstipasi.

Untuk mendapatkan obat penambah darah yang satu ini, Anda diharuskan menyiapkan budget sebesar Rp. 13.277,- / strip.

SAKATONIK LIVER 100ML

SAKATONIK LIVER 100ML merupakan sejenis multivitamin dan mineral dari luar tubuh yang secara khusus diproduksi oleh PT Sakafarma yang secara resmi telah terdaftar di BPOM RI.

Sakatonik Liver memang merupakan sejenis multivitamin yang memang diformulasikan untuk membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit serta membantu mencegah terjadinya anemia.

Selain itu, Sakatonik Liver juga sangat direkomendadikan bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan nutrisi dalam masa penyembuhan serta pada masa kehamilan.

Dosis : 1sdm 1x / hari sesudah makan

Selain memiliki khasiat yang ok punya, Sakatonik Liver juga dilengkapi dengan harga yang relatif sangat terjangkau dikantong yaitu sekitar Rp. 10.296,- / botol.

ESFOLAT TAB

ESFOLAT TAB adalah obat yang sangat direkomendasikan pengonsumsiannya oleh ibu hamil. Karena apa ? Karena obat yang satu ini telah dilengkapi dengan kandungan multivitamin seperti asam folat dan betakaroten.

Asam folat tersebut memiliki fungsi untuk membantu meminimalisir resiko terjadinya cacat tabung syaraf serta membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Betakaroten yang merupakan sumber antioksidan sendiri memiliki fungsi untuk menghambat berbagai jenis dampak buruk dari radikal bebas.

Selain itu kandungan kalsium yang ada pada Esfolat Tab ini juga akan membantu menyuplai kalsium dalam jumlah yang lebih besar untuk ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil cenderung kekurangan kalsium untuk janin di dalam perutnya.

Dosis : 1 kaplet / hari sesudah makan

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan khasiat dari Esfolat Tab, maka Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp. 38.016,- / strip.

VITONAL F TAB 10S

VITONAL F TAB 10S meruapakan sejenis suplemen yang secara khusus diformulasikan untuk ibu hamil danĀ  ibu menyusui agar terhindar dari gangguan anemia.

Dosis : sesuai dengan petunjuk dan saran dari dokter

Untuk mendapatkan khasiat dari Vitonal F Tab ini, Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp. 8.261,- / strip.

FOLAS 400MCG TAB 100S

FOLAS 400MCG TAB 100S adalah obat yang diproduksi dan didistribusikan oleh PT Landson yang telah terdaftar di BPOM RI. Folas diformulasikan sebagai penunjang nutrisi bagi ibu hamil agar menurunkan beberapa kemungkinan resiko berbahaya untuk kandungannya.

Termasuk resiko kelainan tabung syaraf pada bayi, mengatasi penyakit anemian megaloblastik, serta membantu mencegah resiko penyakir jantung koroner.

Dosis :

  • Kehamilan : 400 mcg / hari
  • Pencegahan PJK : 400-600 mcg / hari
  • Anemia megaloblastik : 400-1000 mcg / hari.

Untuk mendapatkan khasiat dari Folas, Anda cukup menyiapkan budget sebesar Rp. 14.157,- / strip.

FEROBION TAB 100S

FEROBION TAB 100S adalah sejenis multivitamin yang memang diformulasikan untuk membantu mengatasi keluhan anemia difisiensi zat besi, anemia pada masa pertumbuhan, anemia pasca trauma, anemia karena malnutrisi, termasuk anemia faktor usia dan pada masa kehamilan.

Dosis : 1-2 tablet perhari sesudah makan

Efek samping : Gangguan GI

Untuk mendapatkan obatn yang diprosuksi dan didistribusikan oleh Erlimpex ini, Anda cukup menyiapkan budget sebesar Rp. 12.639,- . strip.

TRIMATE E CAP 100S

TRIMATE E CAP 100S adalah sejenis multivitamin yang telah dilengkapi dengan berbagai jenis kandungan yang baik sekali untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk membantu meminimalisir gejala anemia.

Selain itu, obat ini juga diformulasikan sebagai penunjang kesehatan pada penyakit infeksi, rematik, sakit punggung, sakit kepala, neuritis, neuralgia, bahu kaku termasuk anemia.

Dosis : 1 kapsul / hari bersamaan dengan makan

Suplemen multikhasiat yang diproduksi oleh KIMIA FARMA ini dibandrol dengan harga Rp. 4.004,- / strip.

Itulah 15 obat Anemia terbaik yang bisa Anda temukan di Apotek terdekat di wilayah Anda.
Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Posted by : theyelpscam.com

Obat Anemia Di Apotik

Konsultasikan Disini!!