1 Obat Kusta Di Apotik

1 Obat Kusta Di Apotik

1 Obat Kusta Di Apotik – Kusta tergolong ke dalam jenis penyakit kuno yang masih ada sampai sekarang. Banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat terkait penyakit yang satu ini.

Bahkan tak jarang, akibat mitos yang telah melekat menjadi sebuah kepercayaan tersebut. Membuat seorang penderita kusta diperlakukan secara diskriminatif, dijauhi, bahkan di asingkan.

Sehingga, Dr. Sri Linuwih Menaldi, SpKK yang merupakan ketua dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia mengatakan bahwa :

“Mitos-mitos terkait penyakit tersebut harus segera dihilangkan. Karena sejatinya, setiap individu memiliki hak untuk bisa hidup layak dan sehat.”

Lantas apa sih, mitos yang berkembang terkait kusta tersebut ?

1. Kusta adalah penyakit kutukan atau guna-guna

Faktanya, kusta adalah penyakit yang memiliki unsur penyebab yang jelas. Ya, ia adalah penyakit infeksi menahun yang diakibatkan oleh kuman bernama mycobacterium leprae.

Kuman tersebut sangat aktif menyerang saraf tepi dan jaringan kulit, sehingga jika tak segera mendapatkan upaya perawatan besar kemungkinan akan menimbulkan kecacatan permanen pada penderitanya.

Jadi jelas bukan bahwa kusta bukan penyakit kutukan ataupun guna-guna.

2. Kusta adalah penyakit keturunan

Faktanya, stigma kusta sebagai penyakit keturunan kurang tepat. Ia lebih kepada dapat ditularkan dari satu orang pada orang lainnya jika melakukan kontak secara terus-menerus seperti pada hubungan keluarga.

3. Kusta tidak dapat disembuhkan

Kusta memang tidak dapat sembuh, namun jika ia tak segera mendapatkan upaya perawatan atau pengobatan.

Terlebih karena ia merupakan penyakit yang menahun, upaya pengobatan yang dilakukan pun membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan hampir sekitar 6-12 bulan.

Jadi jelas dong bahwa kusta bukan tidak bisa sembuh, akan tetapi ia tetap memiliki kemungkinan untuk sembuh dengan upaya pengobatan dalam kurun waktu yang tidak sebentar.


Lantas apa itu kusta ?

Kusta atau yang juga familiar dengan istilah penyakit lepra atau Morbus Hansen merupakan sejenis infeksi penyakit kulit kronis yang diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium leprae.

Kusta termasuk ke dalam jenis penyakit yang cukup tua dalam sejarah, bahkan ada yang menyebutkan bahwa kusta telah ada sejak 1400 tahun sebelum masehi.

Penyakit ini terjadi ketika bakteri Mycobacterium leprae menyerang saraf tepi dan jaringan kulit, lantas kemudian masuk ke dalam saluran pernafasan atau pada juga dapat menyerang organ lain kecuali otak.

Tahukah Anda ?

Ternyata pada tahun 2007 saja, diperkirakan ada 2-3 juta lebih orang yang mengidap penyakit kusta. Dan pada tahun 2008, penyakit kusta di Indonesia diperkirakan ada sebanyak 22.359, dengan jumlah kasus baru sebanyak 16.668 kasus.

Kusta menjadi momok yang sangat menakutkan, karena tanpa upaya perawatan yang tepat, penyakit tersebut memiliki potensi untuk menyebabkan kecacatan atau mutilasi, luka borok (ulserasi), dan beberapa kondisi berbahaya lainnya.

WARNING !!

Tak jarang, kusta juga merupakan penyakit yang ditandai dengan bercak putih pada jaringan kulit yang menyerupai panu. Sehingga kondisinya kerap disepelekan oleh penderitanya.

Padahal, tidak semua bercak putih mengartikan bahwa itu adalah penyakit panu. Akan tetapi kondisi tersebut besar kemungkinan adalah ciri ataupun gejala dari penyakit kusta.

Faktanya..

Bakteri Mycobacterium leprae membutuhkan waktu yang tak sebentar atau hampir sekitar 6 bulan sampai 40 tahun untuk bisa berkembang dan melebarkan sayap infeksinya di dalam tubuh.


Penyebab Penyakit Kusta

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, penyebab utama dari penyakit kusta ialah bakteri bernama “Mycobacterium leprae”. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui kontak secara intens dengan penderita kusta itu sendiri.

Adapun beberapa anggapan lain berpendapat bahwa penyakit kusta dapat ditularkan melalui inhalasi atau menghirup udara. Karena mereka percaya bahwa bakteri penyebab kusta dapat hidung beberapa hari dalam bentuk butiran air (droplet) di udara.

Tak hanya itu saja, namun ternyata bakteri penyebab kusta Mycobacterium leprae tersebut juga dapat ditularkan melalui kontak secara langsung dengan beberapa binatang tertentu termasuk armadilo salah satunya.


Gejala Penyakit Kusta

Gejala ataupun tanda dari penyakit kusta umumnya tidak tampak begitu jelas, bahkan ia berjalan dengan sangat lambat.

Tak hanya itu saja, bahwa ternyata ada beberapa jenis kasus penyakit kusta dengan gejala yang baru muncul setelah 20 tahun bakteri Mycobacterium leprae masuk, tumbuh dan berkembang di dalam tubuh penderitanya.

Adapun beberapa gejala ataupun tanda dari penyakit kusta, diantaranya ialah termasuk :

  1. Muncul lesi pucat dan menebal pada jaringan kulit
  2. Kehilangan alis dan bulu mata
  3. Munculnya luka yang tidak disertai dengan rasa sakit
  4. Pembengkakan saraf yang umumnya terjadi pada lutut dan sikut
  5. Hilangnya jari-jemari
  6. Kelemahan otot bahkan hingga lumpuh, terutama pada otot tangan dan kaki
  7. Mata mengering dan lebih jarang mengedip, bahkan bisa sampai menimbulkan kebutaan
  8. Kerusakan hidung yang berpotensi menyebabkan mimisan, hidung tersumbat atau bahkan hingga kehilangan tulang hidung.
  9. Mati rasa terhadap perubahan suhu, tekanan atau rasa nyeri, dan sentuhan.

Makanan Baik dan Buruk untuk Penderita Kusta

Sejatinya, makanan adalah kebutuhan yang akan mengacu pada meningkatnya fungsi sistem imunitas di dalam tubuh. Jadi, ketika seseorang lalai memperhatikan makanan yang akan ia konsumsi maka tentu saja sistem imun akan menurun.

Ketika kondisi sistem imun menurun, maka penyakit atupun infeksi di dalam tubuh akan mudah berkuasa, termasuk salah satunya pada kasus penyakit kusta.

Ya, ketika seorang penderita kusta memiliki sistem imun yang rendah maka luka pada jaringan kulit akibat penyakit kusta bisa semakin melebarkan sayapnya.

Nah, oleh karena itu, yuk perhatikan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama dalam mas perawatan penyakit kusta.

Makanan Baik untuk Penderita Kusta

1. Vitamin A

Kelompok makanan yang mengandung vitamin A tinggi termasuk bayam, wortel, salmon, telur, semangka, jeruk, jambu biji, brokoli dan hati sapi memang perlu dipertimbangkan pengonsumsiannya oleh penderita kusta.

Pasalnya, vitamin A memiliki fungsi untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, menunjang fungsi penglihatan, menunjang pertumbuhan badan dan baik untuk membantu menjaga sistem reproduksi.

Asupan vitamin A yang cukup di dalam tubuh seorang penderita penyakit kusta juga akan mampu mencegah masalah kerontokan rambut sebagai hasil dari komplikasi kusta.

2. Vitamin D

Berbagai jenis kelompok makanan tinggi akan kandungan vitamin D seperti kuning telur, keju, kacang kedelai, ikan sarden, oatmeal dan sereal memiliki fungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh.

3. Vitamin B

Kelompok makanan dengan kandungan vitamin B yang tinggi termasuk ayam, asparagus, kacang, pisang, kentang, jamur, alpukat, daging dan kacang almond akan membantu menjaga kesehatan kulit, sistem saraf dan meningkatkan produksi sel darah merah.

4. Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C termasuk stroberi, kiwi, jeruk, jambu, paprika hijau dan paprika merah akan membantu meningkatkan produksi kolagen yang diperlukan untuk menunjang kondisi kesehatan kulit yang alami.

Selain itu makanan yang mengandung vitamin C tinggi akan membantu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, mempercepat penyembuhan luka dan jaringan parut serta membantu merawat dan memperbaiki tulang dan gigi.

5. Vitamin E

Kelompok makanan dengan vitamin E tinggi termasuk alpukat, bayam, kacang almond, brokoli, kerang laut dan ubi sejatinya berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan jaringan kulit dan rambut dari berbagai jenis gangguan.

6. Zinc

Makanan yang tinggi akan kandungan zinc termasuk oatmeal, kacang mete, keju, lobster, tiram memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu menunjang sistem imun tubuh dan membantu mempercepat penyembuhan luka.



Makanan Buruk untuk Penderita Kusta

1. Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi akan semakin memperburuk kondisi kesehatan, tak hanya menyebabkan kolesterol tinggi namun ternyata makanan berkolesterol tinggi juga berakibat fatal bagi penderita kusta.

2. Pengawet Buatan

Makanan dengan pengawet buatan yang beasal dari bahan kimia sebaiknya memang tidak dikonsumsi terlebih dahulu, jika tak ingin kondisi penyakit tersebut kembali memburuk.

3. Alkohol

Alkohol dan berbagai jenis makanan yang mengandung alkohol termasuk nangka, anggur, durian, nanas, dan tape sebaiknya Anda hindari selama dalam masa perawatan penyakit kusta.

Terlepas dari beberapa makanan tersebut, makanan cepat saji dan beberapa jenis sayuran tertentu termasuk tauge dan sawi juga tidak dianjurkan pengonsumsiannya oleh penderita penyakit kusta.


Bahaya Penyakit Kusta

AWAS !! Kusta adalah sejenis penyakit yang tidak terlepas dari bahaya komplikasi. Resiko komplikasi pada penderita penyakit kusta sendiri akan tergantung kepada seberapa cepat penyakit tersebut diobati dan ditangani.

Adapun beberapa kemungkinan komplikasi yang diakibatkan oleh upaya pengobatan yang tertunda diantaranya meliputi :

  1. Mati rasa
  2. Cacat fisik
  3. rambut rontok terutama pada bagian bulu mata dan alis
  4. Radang iris mata (iritis)
  5. Glaukoma hingga kebutaan
  6. Penyakit gagal ginjal
  7. Kelemahan otot
  8. Disfungsi ereksi dan infertilitas pada pria
  9. Perubahan bentuk wajah
  10. Kerusakan permanen pada rongga hidung
  11. Kelemahan otot.

Cara Mengobati Penyakit Kusta

Meskipun sejatinya makanan adalah salah satu hal yang akan membantu menunjang nutrisi tubuh penderita kusta untuk dapat segera sembuh. Namun ingat !! Makanan bukanlah obat, ia hanya sekedar penunjang saja.

Nah, jika Anda benar-benar ingin sembuh dari penyakit kusta, tentunya Anda juga harus melakukan upaya pengobatan yang akan membantu mengusir penyakit kusta tersebut secara lebih maksimal.

Lantas apakah Anda tahu, obat apa yang bisa membantu mengobati penyakit kusta yang tengah Anda alami saat ini ? Mau tau ? Yuk langsung kita cari tahu kebenarannya pada uraian selanjutnya.

1 OBAT KUSTA DI APOTIK

1 OBAT KUSTA DI APOTIK

Sejatinya semua orang ingin memiliki tubuh yang sehat, bukan ? Tentu saja, tubuh yang sehat akan membantu menunjang seseorang dengan berbagai jenis rutinitas yang biasa menemani kesehariannya.

Akan tetapi sangat di sayangkan, karena tak semua orang bisa mengimplementasikan keinginannya tersebut.

Tentu saja, hal tersebut terbukti dengan adanya berbagai jenis penyakit yang rentan dan memang telah hidup berdampingan dengan manusia, termasuk salah satunya ialah penyakit kusta.

Lantas apakah Anda termasuk salah satu orang yang diserang oleh penyakit kusta ? Khawatir akan resiko mengerikan yang dapat di timbulkan oleh penyakit tersebut ??

Jangan khawatir teman.. Karena kami disini akan membantu teman dengan memberi tahu obat yang bisa teman gunakan untuk membasmi penyakit kusta tersebut secara lebih optimal. Dan salah satu obat terbaik untuk penyakit kusta ialah Rifampicin KF 450 mg Tab 100S.

Apa itu RIFAMPICIN KF 450 MG TAB 100S ???

RIFAMPICIN KF 450 MG TAB 100S merupakan sejenis obat yang di produksi dan didistribusikan oleh Kimia Farma dalam bentuk tablet. Ia merupakan sejenis obat golongan antibiotik yang digunakan untuk membantu mengobati beberapa infeksi akibat bakteri.

Kinerja obat Rifampicin KF ini ialah dengan menghambat, menghentikan dan mencegah perkembangbiakan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Sejumlah bakteri yang akan dimusnahkan oleh Obat Rifampicin KF diantaranya ialah bakteri penyebab kusta (Mycobacterium leprae) dan tuberkulosis (Mycobacterium tuberculosis).

Tahukah Anda ?

Selain membantu membunuh bakteri penyebab kusta dan TBC, obat Rifampicin KF ini juga kerap digunakan untuk membasmi bakteri penyebab meningitis (N. meningitidis) dan bakteri penyebab flu (H. influenza tife B).

Dosis untuk penyakit kusta :

  • Dewasa : 600 mg @ 1x sebulan, selama 6-12 bulan.
  • Anak-anak : 10 mg / kg berat badan anak @ 1x sebulan, selama 6-12 bulan.

Dosis untuk penyakit tuberkulosis :

  • Dewasa : 8-12 mg / kg berat badan, dengan dosis maksimum 600 mg / hari.
  • Anak-anak : 10-20mg / kg berat badan, dengan dosis maksimum 600 mg / hari.

Cara penyajian : Baik dikonsumsi pada saat perut kosong atau sekitar 1 atau 2 jam sesudah makan.

Harga : Rp. 1.661,- / tablet.


Bagaimana teman ?? Apakah metode pengobatan menggunakan Obat Rifampicin KF tersebut telah membuahkan hasil yang memuaskan untuk penyakit kusta Anda ? Lantas apakah Anda telah berangsur pulih dan membaik ? Atau justru sebaliknya ??

Jika memang obat tersebut cocok untuk Anda, kami turut senang mendengarnya. Akan tetapi bagi Anda yang merasa tidak cocok dengan obat Rifampicin KF tersebut, terlepas dari apapun itu penyebabnya termasuk mungkin akibat ketidakcocokan atau feed back tubuh yang kurang baik.

Sebaiknya Anda tidak segera berputus asa atau berhenti melakukan upaya perawatan terhadap penyakit Anda tersebut. INGAT !! JANGAN MENYERAH teman.. Karena seperti yang telah kita ketahui, bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil.

Untuk itu, kami juga akan memberitahu Anda perihal obat Apotik lain yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengobati penyakit kusta yang tengah Anda alami saat ini. “Memang ada obat Apotik lain yang bisa mengobati kusta selain Rifampicin KF ?? Jelas ada dong teman.”

Nah, berikut ini merupakan daftar obat Apotik untuk penyakit kusta :

  1. RIFABIOTIC 450MG TAB 100S
  2. RIFAMPICIN 600MG TAB
  3. MADECASSOL 10MG TAB 20S
  4. MADECASOL 10 GRAM SALEP
  5. CORIFAM 450MG TAB 100S
  6. CORIFAM 600MG TAB 100S
  7. KALRIFAM 450MG CAP 100S
  8. MERIMAC 450MG TAB 100S
  9. RIF 600MG TAB 100S
  10. RIFAMTIBI 450MG TAB 100S
  11. RIMACTANE 20MG/ML SYR 50ML
  12. LANARIF 450MG TAB 100S.

Selengkapnya ==>

RIFABIOTIC 450MG TAB 100S

RIFABIOTIC 450MG TAB 100S merupakan sejenis obat yang dikemas dalam bentuk tablet produksi Bernofarm yang diformulasikan untuk membantu mengobati penyakit kusta dan tuberkulosis.

Dosis :

  • Dewasa : 600 mg untuk berat badan >50 kg dan 450 mg untuk berat badan <50 kg @ 1x sehari, yang diberikan selama 4 minggu pertama. Untuk 5 bulan berikutnya, 600 mg @ 2x seminggu.
  • Anak-anak : 10-20 mg / kg berat badan anak (maksimal 600 mg / hari dosis tunggal).

Cara penyajian : Baik diberikan pada saat perut kosong atau sekitar 1 – 2 jam setelah makan.

Harga : Rp. 2.800,- / tablet.

RIFAMPICIN 600MG TAB

RIFAMPICIN 600MG TAB adalah obat dalam kemasan tablet yang diprosuksi dan didistribusikan oleh Sanbe Farma sebagai obat yang dilengkapi dengan kandungan Rifampicin.

Ia diformulasikan untuk membantu mengobati penyakit kusta dan penyakit tuberkulosis sebagai golongan dart antibiotik yang memiliki spektrum luas.

Dosis : 600 mg @ 1x sebulan yang dikombinasikan dengan obat leprotik lainnya.

Harga : Rp. 2.311,- / tablet.

MADECASSOL 10MG TAB 20S

MADECASSOL 10MG TAB 20S merupakan sejenis obat dalam kemasan tablet produksi PT Corsa yang dilengkapi dengan kandungan 10mg titrasi dari ekstrak centella asiatica dan telah terdaftar di BPOM RI.

Madecassol 10 mg yang ini diformulasikan untuk membantu mencegah berbagai jenis luka terhadap tendensi keloid termasuk untuk membantu mencegah lesi ulkus pada penderita kusta.

Dosis : 1-2 tablet @ 3x sehari.

Harga : Rp. 118.162,- / strip.

MADECASOL 10 GRAM SALEP

Sama halnya dengan Madecasol dalam kemasan tablet, MADECASOL 10 GRAM SALEP yang dikemas dalam bentuk krim ini juga diformulasikan untuk membantu mencegah terjadinya pembentukan keloid pada luka.

Termasuk luka bedah, luka trauma, jaringan parut, luka fistula, lesi muka dan kulit THT, selulitis, luka bakar dan juga membantu mencegah lesi ulkus pada penyakit kusta.

Dosis dan cara pemakaian : Oleskan pada jaringan kulit yang terluka dan telah dibersihkan sebanyak 1-2 kali sehari secara rutin.

Harga : Rp. 135.450,- / tube.

CORIFAM 450MG TAB 100S

CORIFAM 450MG TAB 100S juga merupakan salah satu obat dalam kemasan tablet yang dilengkapi dengan kandungan zat aktif rifampicin 450 mg.

Ia adalah sejenis obat yang diproduksi dan didistribusikan oleh CORONET CROWN untuk membantu mengobati penyakit kusta atau lepra dan juga tuberkulosis (TBC).

Dosis :

  • Dewasa : 450-600 mg @ 1x sehari.
  • Anak-anak : 10-15 mg / kg berat badan anak @ 1x sehari.

Cara penyajian : Baik diberikan pada saat perut tengah dalam keadaan kosong atau 1 sampai 2 jam setelah makan.

Harga : Rp. 4.753,- / tablet.

CORIFAM 600MG TAB 100S

CORIFAM 600MG TAB 100S merupakan produk yang sama dengan produk sebelumnya, hanya saja Corifam 600 mg ini dilengkapi dengan kandungan zat aktif Rifampicin dalam dosis yang lebih tinggi atau 600 mg dan memang diformulasikan untuk membantu mengobati penyait kusta dan TBC.

Dosis :

  • Dewasa : 450-600 mg @ 1x sehari
  • Anak-anak 10-15 mg / kg berat badan anak @ 1x sehari.

Note :Dosis perhari jangan melebihi 60 mg dan tidak untuk dikombinasikan dengan obat antileprotik lainnya.

Harga : Rp. 5.999,- / tablet.

KALRIFAM 450MG CAP 100S

KALRIFAM 450MG CAP 100S merupakan sejenis obat yang diproduksi dan didistribusikan oleh KALBE FARMA dalam kemasan tablet.

Kalrifam ini telah dilengkapi dengan kandungan zat aktif rrifampicin 300 mg, yang memang diformulasikan untuk membantu mengobati penyakit kusta dan tuberkulosis (TBC).

Dosis :

  • Dewasa : 450 – 600 mg @ 1x sehari.
  • Anak-anak : 10-15 mg / kg berat badan @ 1x sehari.

Note :Tidak untuk dikombinasikan dengan obat antileprotik lainnya.

Harga : Rp. 5.703,- / tablet.

MERIMAC 450MG TAB 100S

MERIMAC 450MG TAB 100S adalah obat yang diproduksi dan didistribusikan oleh MERSI FARMA TIRMAKU MERCUSANA dan kemasan tablt.

Ia dilengkapi dengan kandungan Rifampicin sebanyak 450 mg untuk membantu mengobati penyakit kusta atau lepra dan penyakit tuberkulosis (TBC).

Dosis : Sesuai dengan petunjuk dokter.

Harga : Rp. 4.235,- / tablet.

RIF 600MG TAB 100S

RIF 600MG TAB 100S merupakan sejenis obat dalam kemasan tablet yang diproduksi dan didistribusikan oleh Armoxindo Farma yang dilengkapi dengan kandungan Rifampicin 600 mg.

Rifampicin yang merupakan sejenis antibiotik golongan inhibitor sintesa RNA ini diformulasikan untuk membantu menghambat pembentukan protein pada bakteri penyebab penyakit kusta dan tuberkulosis.

Dosis :

  • Dewasa : 450-600 mg @ 1x sehari (tidak lebih dari 600 mg / hari)
  • Anak-anak : 10-15 mg / kg berat badan @ 1x sehari

Note :Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dengan berbagai obati anti-leprotik lainnya.

Harga : Rp. 6.985,- / tablet.

RIFAMTIBI 450MG TAB 100S

RIFAMTIBI 450MG TAB 100S merupakan obat yang diproduksi dan didistribusikan oleh Sanbe untuk membantu mengobati penyakit kusta dan penyakit tuberkulosis dengan menghambat pembentulan protein pada bakteri penyebab kedua penyakit tersebut.

Dosis :

  • Dewasa : 450-600 mg @ 1x sehari (tidak lebih dari 600 mg / hari)
  • Anak-anak : 10-15 mg / kg berat badan @ 1x sehari (tidak lebih dari 600 mg / hari).

Note :Tidak untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat antileprotik lainnya.

Harga : Rp. 5.739,- / tablet.

RIMACTANE 20MG/ML SYR 50ML

RIMACTANE 20MG/ML SYR 50ML merupakan obat yang dikemas dalam bentuk sirup produksi BIOCHEMIE yang setiap ml nya dilengkapi dengan kandungan rifampicin 20 mg.

Seperti obat lain yang juga dilengkapi oleh kandungan rifampicin, Rimactane siru ini juga memiliki khasiat untuk membantu mengobati penyakit kusta dan tuberculosis.

Dosis :

  • Dewasa : 450-600 mg @ 1x sehari (tidak lebih dari 600 mg / hari)
  • Anak-anak : 10-15 mg / kg berat badan @ 1x sehari (tidak lebih dari 600 mg / hari).

Cara penyajian : Berikan obat sekitar 1 atau 2 jam setelah makan atau jika perut dalam keadaan kosong.

Harga : Rp. 61.494,- / botol.

LANARIF 450MG TAB 100S

LANARIF 450MG TAB 100S merupakan sejenis obat yang diproduksi oleh Ladson dengan memadukan kandungan bahan aktif rifampicin 450 mg, sehingga berkhasiat untuk membantu mengobati penyakit lepra (kusta) dan TBC.

Dosis :

  • Dewasa : 450-600 mg @ 1x sehari (tidak lebih dari 600 mg / hari)
  • Anak-anak : 10-15 mg / kg berat badan @ 1x sehari (tidak lebih dari 600 mg / hari).

Harga : Rp. 1.627,- / tablet.


Nah, itulah beberapa referensi obat Apotek yang bisa Anda pilih salah satunya untuk membantu mengobati penyakit kusta yang tengah Anda alami saat ini. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh ya teman.. 🙂

Posted by : theyelpscam.com

1 Obat Kusta Di Apotik

Konsultasikan Disini!!