5 Kebudayaan Unik di Tana Toraja

5 Kebudayaan Unik di Tana Toraja – Tentu saja, sejatinya setiap daerah memiliki beragam kebudayaan yang menarik, unik, dan asyik. Tak terkecuali dengan Tana Toraja.

Meskipun Tana Toraja terkenal dengan kemistisannya, namun salah satu wilayah Di Indonesia ini tak hanya menyuguhkan destinasi wisata yang instagenic. Akan tetapi, tempat tersebut memiliki kebudayaan unik yang masih dipertahankan dan dilestarikan hingga sekarang.

5 Kebudayaan Unik di Tana Toraja

5 Kebudayaan Unik di Tana Toraja

1. Ma’Nene

Ma’Nene’ adalah salah satu kebudayaan unik yang hanya ada di Tana Toraja. Ma’Nene’ sendiri merupakan suatu tradisi upacara penggantian pakaian mayat para leluhur. Sampai saat ini, kebudayaan unik ini masih terus dilakukan setiap 3 tahun sekali pada bulan Agustus.

Ternyata, meskipun terkesan sangat unik dan mistis, namun kebudayaan yang satu ini memiliki tujuan yang sangat baik. Yaitu untuk mempererat tali silaturrahmi bagi keluarga yang berada jauh tempat perantauan.

2. Rambu Solo

Rambu solo merupakan salah satu kebudayaan pemakanan di Tana Toraja yang memakan biaya termahal di dunia. Meskipun kebudayaan ini memakan harga yang fantastis dan cukup rumit, namun masyarakat Tana Toraja tetap melestarikannya.

Ada banyak sekali tahapan yang harus dilewati oleh mayit sebelum mayit tersebut dibawa ke tebing batu untuk dikebumikan.

Nah, salah satu syarat wajib melaksanakan Rambu Solo ialah menyembelih hewan berupa babi dan kerbau dengan jumlah yang disesuaikan dengan strata sosial sang mayit. Tentu saja, semakin tinggi strata sang mayit maka akan semakin banyak pula hewan yang disembelih.

Semisal, mayit berasal dari keluarga menengah, maka keluarga yang ditinggalkan harus menyembelih 8-10 ekor kerbau dan 30-50 ekor babi. Sementara untuk keluarga bangsawan harus menyembelih kerbau sejumlah 25-150 ekor.

Selain itu, tradisi ini juga mengharuskan peti jenazah dihiasi pernak-pernik yang terbuat dari emas dan perak. Bagaimana ? Unik bukan ?

Baca Juga : 11 Tanda Awal Gula Darah Tinggi

3. Tinggoro Tedong

Masih seputar tradisi pemakaman, tinggoro tedong juga merupakan salah satu satu rangkaian tradisi Rambu Solo. Yaitu prosesi mempertontonkan penyembelihan kerbau dengan cara menebas leher hewan dengan satu kali tebasan saja.

Menurut kepercayaan leluhur suku Toraja, kerbau merupakan tunggangan untuk roh menuju alam akhirat.

4. Silaga Tedong

Sama halnya dengan tinggoro tedong, silaga tedong merupakan ajang pertunjukan adu kerbau di lapangan basah berlumpur untuk menghibur keluarga yang tengah berduka.

5. Sisemba

Kebudayaan unik Tana Toraja selanjutnya ialah sisemba yang merupakan sebuah permainan adu kaki yang dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa untuk merayakan panen raya.

Meski terlihat sangat brutal, namun sampai saat ini jarang sekali ditemukan ada peserta yang mengalami cidera yang parah.

Posted by : theyelpscam.com

5 Kebudayaan Unik di Tana Toraja

Konsultasikan Disini!!