Alasan Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

Alasan Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional – Setelah bahasa Indonesia dan bahasa daerah, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang tak asing untuk orang Indonesia. Sehingga sedari duduk di Sekolah Dasar, bahasa Inggris memang sudah menjadi pelajaran yang baku.

Bahkan, dewasa ini bahasa Inggris juga telah diajarkan lebih dini lagi yaitu dari mulai TK atau Playgroup sudah ditanamkan sedikit banyaknya cara untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Saat ini saja, ada sekitar 54 negara di dunia dan 27 entitas non-negara yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi di wilayah mereka.

Alasan Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

Alasan Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

Jika berbicara perihal dunia, tentu Anda akan paham bagaimana keluasannya. Sementara setiap negara memiliki bahasa tersendiri yang telah diwariskan oleh nenek moyang sebelum mereka.

Belum lagi setiap negara juga memiliki beragam bahasa region, Seperti di Indonesia sebagai negara yang multikultural memiliki bahasa yang berlainan seperti bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Batak, dll.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dari seluruh keragaman bahasa yang ada di dunia, bahwa Inggris telah ditetapkan menjadi bahasa Internasional sebagai salah satu perwujudan persatuan.

Bahasa internasional sendiri merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk bisa berkomusikasi dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Faktanya, untuk bisa menjadi bahasa internasional, sebuah bahasa tidak diharuskan memiliki penutur yang banyak.

Karena jika berdasar pada banyaknya penutur, tentu saja bahasa mandarin yang memiliki penutur terbanyak di dunia layak menjadi bahwa Internasional. Sementara, bahasa Inggris adalah bahasa yang memiliki penutur lebih rendah yaitu berada di posisi ke 4.

Lalu apa alasan bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional ?

1. Negara yang Berkuasa

Dahulu kala, Inggris merupakan salah satu satu negara yang yang memiliki negara jajahan yang dengan total terbanyak yaitu hampir sekitar 90 negara.

Nah, proses penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Inggris inilah yang menjadi alasan kenapa bahwa Inggris lebih cepat dikenal dan lebih mudah meluas.

2. Banyak Kosa-kata

Pada dasarnya, Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia.

Selain itu, perkembangan kosa-kata yang sangat pesat juga menjadi salah satu alasan kenapa bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa internasional. Bahkan disinyalir bahwa penambahan kosa-kata bahasa Inggris mencapai 8.500 kata untuk pertahunnya.

3. Dikukuhkan oleh Negara Superpower di Abad ke 21

Percaya atau tidak, Amerika pada awalnya merupakan sebuah negara yang dibangun oleh imigran Inggris. Dan ternyata, meskipun telah menjadi negara adikuasa, dahulu Amerika pernah menjadi negara jajahan Inggris.

Selama bertahun-tahun lamanya, orang Inggris terus menerus berdatangan dan menetapkan otoritasnya di Amerika Serikat. Karena itu juga, Amerika menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Selain itu, bersamaan dengan semakin kuatnya negara Amerika sebagai negara adikuasa, maka bahasa Inggris dipatenkan sebagai bahasa Internasional.

Posted by : theyelpscam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasikan Disini!!