7 Mitos Jawa yang Masih Masuk Akal

7 Mitos Jawa yang Masih Masuk Akal – Memiliki budaya yang multikultural menjadikan Indonesia dengan negeri yang memang lekat dengan berbagai jenis mitos, termasuk salah satunya ialah mitos Jawa.

Bagi masyarakat Jawa, memiliki banyak aturan dalam kehidupan yang berkaitan dengan mitos atau yang lebih dikenal dengan istilah pamali adalah hal yang biasa terjadi.

Alhasil, mitos tersebut mudah sekali masuk dan berkembang, dan menghasilkan suatu kepercayaan yang sangat kuat. Meskipun saat ini, mitos tersebut tidak terlalu percaya lagi bahkan sampai ada yang menentangnya.

7 Mitos Jawa yang Masih Masuk Akal

7 Mitos Jawa yang Masih Masuk Akal

Akan tetapi, ternyata mitos yang kerap dipandang sebelah mata tersebut, ternyata memiliki sisi logis yang masuk akal. Lantas apa saja mitos jawa yang disebut-sebut dapat memiliki realitas yang masuk akan ?

  1. Gadis yang Makan Sayap Bisa Jauh dari Jodohnya

Sebenarnya, sayap ayam adalah bagian dari daging yang memiliki lemak. Sehingga, yang dikhawatirkan adalah ketika gadis makan terlalu banyak. Nah, yang dikhawatirkan adalah ketika gadis tersebut mengalami ketidakseimbangan hormon dan muncul lah jerawat.

Baca Juga : Daftar Nama Obat Jerawat di Apotik

Jadi yang dimaksud disini adalah, jika kulit sang gadis tidak bersih, maka ia akan lebih sulit mendapatkan pasangan hidup.

  1. Tidak Boleh Potong Kuku Malam

Sebenarnya, mitos yang satu ini bertujuan untuk membantu menghindari kecelakaan akibat gunting kuku termasuk tangan tergores karena penerangan di malam hari tidak terlalu baik. Terlebih, zaman dulu listrik memang belum ada.

  1. Nyapu gak Bersih Beresiko Punya Suami Brewokan

Pada awalnya mitos ini hanya digunakan untuk menakut-nakuti anak perempuan agar mereka disiplin dan mau menyapu hingga benar-benar bersih dan tak meninggalkan kotoran sedikit pun.

  1. Duduk di Depan Pintu Akan Sulit Mendapat Jodoh

Mitos yang satu ini berkembang untuk mendidik anak perempuan agar bertingkah lebih sopan. Pasalnya, duduk di depan pintu akan menyebabkan orang lain terhalang jalannya.

  1. Duduk di Atas Bantal Bisa Menyebabkan Bisulan

Nah, mitos bantal dengan bisul ini sebenarnya lebih kepada untuk mengembalikan fungsi-fungsi barang pada tempatnya. Sama dengan bantal yang dibuat secara khusus untuk kepala bukan untuk bokong ataupun kaki.

Baca Juga : Daftar Nama Obat Bisul di Apotik

  1. Bersiul di Malam Hari Sama Dengan Memanggil Setan

Lain halnya dengan mitos bantal dan bisul, mitos bersiul ini berkembang dalam bentuk budaya toleransi. Sebab bersiul di malam hari pada dasarnya dapat memicu kegaduhan dan mengganggu tetangga sekitar yang tengah beristirahat.

  1. Pamali Menggunakan Tutup Piring

Sama halnya dengan kasus bantal dan bisul, kasus mitos dilarangnya makan menggunakan tutup piring ialah agar para generasi mudah paham bagaimana cara memanfaatkan pemakaian barang sesuai dengan fungsi barang itu sendiri.

Posted by : theyelpscam.com

Memiliki Gula Darah Stabil dan Sembuh 3x Lebih Cepat dari Diabetes, Mau ???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasikan Disini!!