Benarkah Keju dapat Menstabilkan Gula Darah ?

Benarkah Keju dapat Menstabilkan Gula Darah – Keju adalah sejenis makanan yang diperoleh dari hasil memisahkan zat-zat padat yang ada pada produk susu, dengan menggunakan proses pengentalan atau yang dikenal dengan istilah koagulasi.

Lantas apa yang menghubungkan antara keju dengan gula darah ? Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa keju dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada tikus prediabetic.

Benarkah Keju dapat Menstabilkan Gula Darah ?

Benarkah Keju dapat Menstabilkan Gula Darah ?

Lalu bisakah seorang penderita diabetes dengan gula darah tinggi, mendapat manfaat dari mengonsumsi keju ? Jawaban dalam banyak kasus yang ditemukan ialah “IYA”. Makanan lezat kaya akan kalsium ini dapat menjadi bagian dalam diet sehat penderita gula darah tinggi.

Meskipun dalam hal ini, keju yang mengandung garam dan lemak tinggi masih menjadi kontroversi dan sering diperdebatkan perihal keterkaitannya dengan penyakit diabetes dan terkait dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

MANFAAT KEJU UNTUK PENDERITA GULA DARAH TINGGI

Sejatinya, untuk memiliki gula darah yang stabil sekaligus lebih cepat sembuh dari penyakit diabetes. Maka seorang penderita diharuskan mempertimbangkan kandungan indeks glikemik dari berbagai jenis asupan makanan yang akan dikonsumsi termasuk dengan keju.

Nah indeks glikemik sendiri ialah suatu skala ukur yang digunakan untuk menilai makanan berdasarkan seberapa cepat atau tidaknya gula meningkat setelah makanan tersebut dikonsumsi. Hal ini didasarkan juga didasarkan kepada seberapa cepat tubuh mampu mencerna karbohidrat pada makanan.

Kabar baiknya adalah sebagian besar jenis keju memiliki kandungan karbohidrat yang sangat sedikit sehingga boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes yang memiliki gula darah tinggi.

Selain itu, keju tinggi protein juga merupakan makanan yang dapat membantu menjaga kadar gula darah sehat dan normal pada penderita diabetes. Dengan tidak lupa memerhatikan kandungan glikemik pada makanan tersebut.

RESIKO KEJU UNTUK PENDERITA GULA DARAH TINGGI

Terlepas dari semua manfaat keju, seorang penderita gula darah tinggi tentu saja tak boleh mengonsumsi keju begitu saja. Dan sangat perlu memerhatikan beberapa hal berikut sebelum mengonsumsi keju.

  1. Keju tinggi lemak dan kalori

Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa jika seseorang ingin menghindari resiko penyakit kardiovaskular, maka menjauhi lemak dan kalori pada keju adalah kewajiban.

  1. Alergi atau intoleransi produk susu termasuk keju

Faktanya, tidak setiap orang memiliki kemampuan mentolerir kandungan yang ada di dalam produk susu. Namun ada beberapa orang yang alergi terhadapnya dan akan berbuah buruk untuk penderita gula darah tinggi.

  1. Hati-hati dengan Natrium

Penderita gula darah tinggi sebisa mungkin harus membatasi asupan natrium guna mencegah terjadinya hipertensi dan masalah kardiovaskular. Sayangnya, beberapa keju justru mengandung natrium dalam jumlah yang tinggi.

OPSI TERBAIK :

“Keju terbaik yang bisa dikonsumsi oleh penderita gula darah tinggi ialah keju yang rendah lemak, rendah natrium, serta tinggi protein. Sehingga dapat membantu menjaga gula darah yang sehat dan normal.”

Posted by : theyelpscam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasikan Disini!!